ukp

Pelayanan Program Upaya Kesehatan Perorangan (UKP)

PELAYANAN DALAM GEDUNG
  1. Pelayanan Administratif/Unit Tata Usaha
  2. Pemeriksaan Umum ( POLI UMUM )
  3. Pemeriksaan Gigi dan Mulut ( POLI GIGI DAN MULUT)
  4. Pemeriksaan KIA/KB   ( POLI KIA/KB )
  5. Pelayanan TB
  6. Pelayanan Gawat Darurat ( UGD )
  7. Pelayanan Konseling Gizi ( POLI GIZI )
  8. Pelayanan Konseling Sanitasi ( POLI SANITASI )
  9. Pelayanan Psikologi ( POLI PSIKOLOGI )
  10. Pelayanan Kefarmasian
  11. Pelayanan Laboratorium

PELAYANAN LUAR GEDUNG

1. POSKESKEL
2. PERKESMAS
            

APAKAH UKP ( UPAYA KESEHATAN PERORANGAN ) ITU ?

  Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perorangan di Puskesmas Jemursari

a.    Pelayanan Pemeriksaan Umum (POLI UMUM)

Pelayanan kesehatan untuk mendiagnosa, melakukan tindakan pengobatan pada seseorang pasien 
dilakukan oleh seorang dokter  secara ilmiah berdasarkan temuan- temuan  yang diperoleh  selama  

 anamnesis dan pemeriksaan.


b.    Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut (POLI GIGI DAN MULUT)

Pelayanan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi masyarakat. Sasarannya adalah 
 

masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas dengan indikasi gangguan kesehatan gigi maupun 

 kelompok masyarakat khusus seperti murid seklah dasar. Kegiatan yang dilaksanakan berupa 
 

perawatan, pencabutan gigi sulung.

c.    Pelayanan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS)

Suatu Pelayanan pendekatan yang terintegrasi/terpadu dalam tatalaksana balita sakit dengan fokus 

 kepada kesehatan anak usia 0-5 tahun (balita) secara menyeluruh. MTBS bukan merupakan suatu 

program kesehatan tetapi suatu pendekatan/cara menatalaksana balita sakit. Kegiatan MTBS
 merupakan upaya yang ditujukan untuk menurunkan kesakitan dan kematian sekaligus
 meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan anak balita di unit rawat jalan kesehatan dasar
 seperti Puskesmas, Pustu, Polindes, Poskesdes, dll.

d.    Pelayanan KIA-KB Yang Bersifat UKP

Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak serta Keluarga Berencana bertujuan untuk meningkatkan
pemeliharaan kesehatan ibu dan anak serta peningkatan kesejahteraan keluarga. Sasaran yang
hendak dicapai adalah  tersedianya pelayanan kesehatan dasar dan rujukan yang didukung oleh
peran serta masyarakat dengan  perhatian utama ditujukan pada pengembangan upaya kesehatan
 yang mempunyai daya ungkit tinggi
terhadap 
 

peningkatan derajat kesehatan. Kegiatan yang dilaksanakan adalah :
1)    Pemeriksaan ibu hamil
2)    Pertolongan persalinan oleh Bidan atau tenaga kesehatan lainnya yang berkompetensi
kebidanan
3)    Deteksi dan rujukan ibu hamil resiko tinggi
4)    Pemberian tablet Fe
5)    Pelayanan Keluarga Berencana

e.    Pelayanan gawat darurat / tindakan

Pelayanan kedokteran yang dibutuhkan oleh penderita dalam waktu segera (imediatlely) untuk
menyelamatkan kehidupannya (life saving).

f.    Pelayanan gizi yang bersifat UKP

Pelayanan gizi bertujuan untuk meningkatkan satus gizi pada masa pertumbuhan yang sasarannya
adalah peningkatan status gizi bayi dan balita. Peningkatan status gizi ditandai dengan desa bebas
rawan gizi.

Pelayanan yang diberikan dalam kegiatan Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat adalah :
1)    Pemberian MP-ASI 6-24 Bulan Keluarga Miskin
2)    Penanganan Balita Gizi Buruk
3)    Pemantauan Pertumbuhan Balita
4)    Pemberian Kapsul Vitamain A


g.    Pelayanan persalinan

Pelayanan persalinan adalah pelayanan yang diberikan dimulai pada kala I sampai dengan kala
 IV persalinan

h.    Pelayanan laboratorium

Pelayanan Laboratorium melayani pemeriksaan specimen klinik berupa cairan tubuh, untuk
mendapatkan informasi tentang kesehatan perorangan terutama untuk menunjang diagnosis
penyakit, penyembuhan penyakit, pemulihan kesehatan, dan deteksi dini keadaan kesehatan
seseorang.

i.    Pelayanan loket obat/farmasi.

Suatu Pelayanan terhadap permintaan tertulis dokter, dokter gigi, kepada pengelola farmasi untuk 

menyediakan dan menyerahkan obat bagi pasien sesuai peraturan perundangan yang berlaku.






















Selamat datang

Mohon Maaf atas ketidak-nyamanan ini, blog ini masih dalam perbaikan
Copyright © Puskesmas Jemursari | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com